Cara Membuat Keripik Daun

Cara membuat keripik Daun. Pertama membuat adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung kanji atau maizena dan telur dicampur menjadi satu pada suatu wadah, tambahkan air dingin secukupnya (tidak terlalu kental dan tidaak terlalu cair) dan bumbu rahasia yang dibuat sendiri oleh Mbak Lis. Misal untuk satu kilogram tepung beras, tepung kanji atau maizena dan telur yang dibutuhkan seperempat kilogram. Sayuran yang akan dibuat keripik dipetik, diambil bagian yang bagus kemudian dicuci dengan air bersih tiga kali. Setelah dicuci bersih, sayuran ditiriskan supaya air sisa cucian hilang. Berikut ini langkah-langkah selanjutnya.
  • Keripik belut hijau/daun singkong. Daun singkong direbus pada air mendidih selama 10 menit, kemudian masukkan daun singkong ke dalam air dingin dengan tujuan supaya warna daun singkong tidak berubah. Angkat dan tiriskan dalam wadah yang dapat menyaring air. Buat daun singkong dipelintir kemudian jemur sebentar supaya kandungan airnya berkurang. Celupkan pelintiran daun singkong tersebut ke dalam adonan satu persatu dan goreng sebentar kemudian tiriskan. Goreng pelintiran daun singkong yang lain. Sambil menunggu daun singkong lain yang digoreng masukkan lagi daun singkong pertama yang telah ditiriskan, jadi untuk keripik daun singkong ini digoreng dua kali. Hasil keripik daun singkong yang dipelintir ini seperti keripik belut tapi berwarna hijau, sehingga banyak yang menyebutnya dengan “keripik belut hijau
  • Keripik bayam. Bayam yang digunakan adalah bayam raja yang mempunyai daun lebar dan besar. Masukkan bayam ke dalam adonan satu persatu, balik sekali, tunggu sampai warna tepung kuning kecoklatan kemudian tiriskan pada tempat yang telah dilapisi kertas supaya sisa minyak dari gorengan hilang.

  • Keripik bayam
    • Keripik daun kangkung, daun ketela, daun kemangi, daun pepaya, seledri. Untuk kelima  jenis keripik ini caranya sama seperti bayam, hanya saja api agak dikecilkan sedikit karena tekstur daun yang lebih tipis, jadi mudah gosong. Untuk keripik daun kangkung dipilih daun kangkung dari jenis kangkung darat yang bagus.

    Keripik daun kangkung

    Keripik daun ketela

    Keripik daun kemangi

    Keripik daun pepaya

    Keripik seledri
    • Keripik daun sirih. Rendam sirih dalam larutan garam untuk menghilangkan baunya selama 10 menit kemudian tiriskan. Setelah air sisa rendaman hilang, masukkan daun sirih ke dalam adonan kemudian goreng seperti yang lainnya.
    Keripik daun sirih
    Tag : Keripik
    Back To Top